BONEKA DIDI KEMPOT | SOBAT AMBYAR | GODFATHER OF BROKEN HEART


Didik Prasetyo atau biasa dipanggil didi kempot terlahir di kota Solo, Jawa Tengah pada tanggal 31 Desember 1966 merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu campursari dan keroncong dangdut dari Surakarta. beliau merupakan putra dari seniman tradisional terkenal, Ranto Edi Gudel( dikenal dengan Mbah Ranto), dan adik kandung dari pelawak senior Srimulat, Mamiek Prakoso.


Nyaris sebagian lagu yang ditulisnya bertemakan patah hati dan kehilangan. Yang menjadi patokan untuk memilih tema tersebut karena sebagian orang mengalaminya dan bisa dekat dengan masyarakat, juga jadi alasan Didi Kempot menggunakan nama- nama tempat sebagai judul ataupun lirik lagunya.

Saat ini Didi Kempot banyak digemari khususnya oleh anak muda dari berbagai daerah di indonesia yang tergabung dalam komunitas Sobat Ambyar dan mendaulat Didi Kempot sebagai" Godfather of Broken Heart" dengan panggilan "Lord Didi". Julukan tersebut berawal dari beberapa lagu- lagu Didi Kempot yang menceritakan tentang semua kesedihan dan kisah patah hati.

Sobat Ambyar merupakan sebutan komunitas untuk penggemar Didi Kempot. Komunitas ini semakin eksis bersamaan semakin menaiknya popularitas Didi Kempot, yang mereka sebut dengan" Lord Didi". Keberadaan Sobat Ambyar membuat para penggemar karya Didi Kempot jadi lebih terorganisir. Sebelum kalimat "Kempoters" adalah panggilan untuk pecinta Didi Kempot tetapi panggilan tersebut tumbuh dikelompok anak muda jadi" Sad Boys"( buat pria) dan" Sad Girls"( buat wanita).

Kebanyakan pecinta Didi Kempot yang terkelompok dalam komunitas tersebut adalah anak muda yang menunjukkan jika karya Didi beliau diminati lintas generasi.

Komunitas tersebut awal terbentuk melalui suatu acara Musyawarah Nasional Pengukuhan Dini yang dilaksanakan di Solo, jawa tengah.

Semasa hidupnya didi kempot pula banyak menyandang pernghargaan antara lain pemenang anugerah musik Indonesia 2001, pemenang anugerah musik Indonesia 2002, pemenang anugerah dangdut TPI 2002, pemenang anugerah musik Indonesia 2003, nominasi anugerah musik Indonesia 2005, pemenang anugerah musik Indonesia 2010, pemenang anugerah musik Indonesia 2011, nominasi anugerah musik Indonesia 2012, nominasi anugerah musik Indonesia 2013, nominasi anugerah musik Indonesia 2014, nominasi anugerah musik Indonesia 2015, nominasi anugerah musik Indonesia 2016, nominasi Indonesia dangdut award 2018, pemenang Indonesia dangdut award 2019, pemenang Indonesia dangdut award 2020.


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
anak didi kempot,boneka didi kempot,dangdut didi kempot,didi kembpot agama,didi kempot banyu langit,didi kempot katolik,didi kempot mualaf,didi kempot pamer bojo,godfather,sobat ambyar