BONEKA SENI TARI KRETEK KUDUS HITS, BOLEH PESAN SATUAN ATAU PULUHAN APALAGI RATUSAN

 

Tari Kretek adalah tarian couture orisinal yang menceritakan kisah para pekerja tembakau yang  bekerja untuk membuat tembakau, mulai dari  tembakau pilihan hingga tembakau yang dapat dipasarkan. 

Tarian ini dibawakan oleh beberapa penari wanita yang mewakili pekerja Mubatil dan penari pria yang mewakili mandor. Buruh mbatil adalah buruh tembakau yang tugasnya memotong atau memangkas ujung-ujung tembakau. Mandor, di sisi lain, adalah bos yang mengawasi para pekerja tembakau dan memiliki wewenang untuk menyortir atau memilih tembakau yang mereka buat. 

Awalnya, tari kretek disebut tari Mubatil. Namun,  nama Mbatil tidak begitu dikenal di masyarakat dan digantikan oleh tari kretek. Tarian ini sudah populer sejak tahun 1985 dan konon diciptakan oleh seniman Endan Tony. Dalam tari kretek, gerakannya terlihat anggun. Ada beberapa penari  cantik dan satu penari. 



Penari memakai kostum khas kudu, tetapi bukan kostum tradisional. Selain itu, penari wanita juga memakai jubah dan membawa sampah. Laki-laki hanya memakai selimut. Keaktifan dan kelincahan para penari kretek seolah tak lepas dari iringan musik gamelan. Lirik lagu tersebut menceritakan tentang jenis-jenis tembakau yang terdapat di Kudus.

Bagi anda yang ingin memesan boneka tari dengan konsep apapun ataupun desain lain yang anda mau bisa langsung hubungi kami lewat whatapps di 085956710171.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
boneka profesi