MASKOT MACAN DARI RUANG GURU DENGAN DESAIN ANIMASI, BISA DIPESAN SATUAN

 

Harimau (Panthera tigris) adalah spesies kucing terbesar yang masih hidup dari genus Panthera. Harimau mempunyai ciri loreng yang spesial pada bulunya, berupa garisgaris vertikal gelap pada bulu oranye, dengan bulu bagian bawah berwarna putih. Harimau adalah pemangsa puncak, mereka terutama memangsa ungulata seperti rusa dan babi celeng. Harimau adalah hewan teritorial dan umumnya merupakan pemangsa soliter yang penyendiri, tetapi tetap memiliki sisi sosial, mereka tetap tinggal di areaarea yang berdekatan, untuk mendukung kebutuhan makanan dan membesarkan keturunannya. Anak harimau tinggal bersama ibu mereka selama sekitar dua tahun, kemudian akan hidup mandiri dan meninggalkan daerah jelajah ibu mereka untuk membangun rumah mereka sendiri. Sebutan lain untuk harimau 

 adalah harimau yang diturunkan dari bahasa Jawa, namun saat ini diyakini bahwa harimau itu milik Panthera pardas dan semua subspesiesnya. Bahkan, macan tutul atau panthera parda ini bisa disebut macan, dengan tambahan marga macan tutul. Nama Harimau sendiri berasal dari bahasa Melayu dan juga digunakan  untuk menyebut macan tutul, atau macan bintang. 

Harimau  pertama kali dideskripsikan secara ilmiah pada tahun 1758 dan pernah meluas dari wilayah Anatolia Timur ke barat hingga Lembah Amur ke timur. Harimau juga dapat ditemukan di kaki selatan Himalaya, jauh di utara Bali di Kepulauan Sunda. Sejak awal abad ke-20, populasi harimau  di Asia Barat, Asia Tengah,  Jawa dan Bali telah menurun hingga punah pada tahun 1993. Harimau juga dianggap punah di sebagian besar  Asia Tenggara, Asia Selatan dan Cina. Hari ini, habitat harimau dibagi lagi, terbentang dari  hutan beriklim sedang di Siberia hingga  anak benua India, Indocina, dan hutan subtropis dan tropis Sumatera. 

Harimau merupakan kategori yang terancam punah di IUCN. Pada tahun 2015, populasi harimau liar di  dunia diperkirakan  sekitar 3.062 hingga 3.948, dan sebagian besar populasi harimau hidup di kandang kecil yang terisolasi. India saat ini adalah negara dengan populasi harimau terpadat. Perusakan habitat, fragmentasi habitat, dan perburuan liar menjadi penyebab utama penurunan populasi harimau. Harimau juga menjadi korban konflik manusia-satwa liar, terutama di negara-negara berpenduduk padat. 

Harimau adalah salah satu megafauna karismatik  paling terkenal dan paling populer di dunia. Harimau secara luas diwakili dalam mitos dan cerita rakyat kuno yang mencakup berbagai budaya dan wilayah sejarah. Harimau sampai sekarang sering diwujudkan dalam film dan sastra modern, simbolnya juga muncul di banyak bendera, lambang, dan dipakai sebagai maskot tim olahraga. Harimau termasuk hewan nasional di India, Bangladesh, Malaysia dan Korea Selatan.

Bagi anda yang ingin memesan boneka macan atau maskot lain dengan konsep apapun ataupun desain lain yang anda mau bisa langsung hubungi kami lewat whatapps di 085956710171.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :