BONEKA PANDAWA TOKOH PEWAYANGAN JAWA

 

Pandawa (Dewanagari: ; IAST: Pāṇḍava) adalah kata Sansekerta yang secara harfiah berarti putra Pandu, raja Hastinapura dalam epos Mahabharata. Pandawa tersusun dari lima nama yaitu: Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Mereka adalah tokoh utama dari Mahabharata dan lawan mereka adalah Korawa, anak dari saudara Pandu Dreta Rastra. Dalam Mahabharata, kelima Pandawa menikah dengan Drupadi yang diperebutkan di kerajaan Panchala, dan masing-masing Pandawa memiliki seorang putra darinya.


Pandawa adalah protagonis dari bagian penting dari epos Mahabharata - pertempuran besar di tanah Kurukshetra. Pertempuran Pandawa melawan Korawa dan sekutunya. Kisah ini menjadi kisah penting dalam epos Mahabharata, selain kisah Pandawa dan Korawa yang melempar dadu.


Menurut Mahabharata, setiap anggota Pandawa adalah penjelmaan (inkarnasi) dari dewa tertentu, dan setiap anggota Pandawa diberi nama yang berbeda yang menunjukkan kualitasnya masing-masing. Misalnya, Bima, juga dikenal sebagai ``Rekodara'' (वृकोधार Vṛkodhāra), dikatakan sebagai pencinta makanan, oleh karena itu arti harfiah dari ``perut serigala''.

Bagi anda yang ingin memesan boneka pandawa atau maskot lain dengan konsep apapun ataupun desain lain yang anda mau bisa langsung hubungi kami lewat whatapps di 085956710171.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :